ohhh..praktek biologi

ohhheeeelllloooooooooooow
im back! miss me?
-____-
well sorry for not writing for too long, ive been busy with tests. including. practical test (bener gak nih?)
talking about practical test, gw pengen ceritain tentang ujian praktek biologi gw yang cukup suram.
ujian praktek biologi adalah praktek termengerikan sepanjang ujian praktek (ribet), gak lebay deh, suer. demi melancarkan ujian tersebut, gw rela deh belajar matek2an buat lulus, merelakan waktu gw yang seharusnya gw habiskan buat belajar simak, hanya demi biologi. sebenernya sih yang gw takutin gak seratus persen ujiannya. tapi GURU-GURU PENGAWASNYA. sadis, serem, ngapokin. behh.
dan yahh lo taulah mental gw agak2 cemen gitu kan jadinya gw ga bisa tuh namanya dicengin dibentak bentak dihina hina, mewek dah gw, minimal dalem hati.
dan Gosh itu terjadi pas ujian praktek biologi. walaupun gak sampai tahap mewek, cukuplah bikin gw nyari plastik buat nutup muka.

30 menit sebelum ujian dimulai, gw masih sempet2nya nanya ke temen2 gw ini itu, bedain biuret dan benedict gimana, yang katanya susah banget buat dibedain, yang kata ujang kalo mau gampang ngebedainnya bawa telor trus tetesin dan bodohnya gw ga bawa telor itu -___-
ada juga anak2 yang sok tau dengan bilang "gampang kali ngebedainnya, biuret lebih cerah."
oh ya? simak cerita gw..

dag dig dug, gw melangkah mantap menuju bu nyoman buat ngambil nomor undian.
zep. nomor 20. gw melangkah ke meja nomor 20 dan oh my itu tentang uji makanan.
emang gak seserem respirasi ataupun torso sih (jujur gw takut banget dapet respirasi, dan alhamdulillah gw gak dapet itu)
kebiasaan gw yang sangat2 buruk adalah gugup. gw sebenernya udah ngapalin bener2 langkah2 kerja uji makanan, tapi sampe depan meja praktikum gw langsung ngeblank, ilang semua. parah parah.
di depan gw cuman ada nasi, otak- otak dan alat2 lainnya yang terlalu banyak buat disebutin.

ini dia the most confusing part. di hadapan gw ada 2 larutan. yang satu coklat, yang satu biru.
yang coklat sih gw tau itu larutan lugol. nah yang biru? apakah itu benedict atau biuret? pusing setengah mati. pikiran gw langsung melayang ke perkataan MG (kalo ga salah) yang bilang kalo kakak kelas ada yang gak lulus praktek biologi cuma karena ga bisa ngebedain mana biuret mana benedict.
huhuaaaa mamaaaaaaaa

"bu, bu nyoman, ini kok yang biru2nya cuman atu ya, atu lagi mana bu?"
"oh ya kamu tunggu bentar."

semoga ada pencerahan Ya Allah..
dan bener aja, sesaat kemudian bu nyoman membawakan gw sebotol larutan.
gw amat amati dan oh damn kenapa gak bisa dibedain gini.
persis. biru muda. gak ada yang lebih terang. gak ada yang lebih gelap. botolnyapun sama.
gw mencoba menelusuri botol2 jelek itu berharap ada label yang ketinggalan gitu jadinya gw bisa tau apakah itu biuret apakah benedict.
dan gak ada. panik. banget.
sempet mikir buat manggil bu nyoman lagi, nanya apakah dia salah ngambil larutan atau ngga. tapi niat itu gw urungkan karna semua guru seakan menatap gw. oh no, apakah ini efek dari nervous, kawan?

ayo pikir pikir pikir!
dan akhirnya! otak gw ada fungsinya juga men.
gw ngambil sepotong kecil otak2 dan gw tumbuk2 ampe halus trus gw coba tetesin pake larutan biru di botol yang satu.
gw berpikir kalo otak-otak pasti mengandung protein jadi kalo itu biuret, pasti itu berubah warna, dan ternyata nggak. berarti itu benedicy. langsung gw pisahin benedict di sebelah kiri, biuret sebelah kanan, biar gak lupa.
brilliant. gw berasa jadi einstein (lebay abis) tapi gw seneng banget loh, bisa ngebedain si kembar siam itu tanpa pake telor.
belom abis kehepian gw, datanglah bu dini yang bikin gw tambah nervous.

"ïtu kamu gimana cara ngebedain 2 larutan itu?"(nunjuk ke benedict dan biuret)
"anu bu, saya make otak2 buat ngebedain."
"ÿa caranya gimanaaaa?"(gak sabar)
"saya tumbuk, trus saya tetesin pake yang ini, ternyata gak berubah warna, berarti itu benedict bu."
"hmmmm" (ngangguk)
"absen berapa kamu?"
"34 bu"
(ngangguk2 lagi)
dalem hati gw, slamaaat slamaaaat.
tapi ternyata belum.
"jadi kalo ditetesin ini (nunjuk biuret) bakal berubah warna?"
"iya bu"
"buktiin kalo gitu"
nah lo. matilah kalau begitu.
kalo hipotesis gw salah. kacau. balau. semuanya.
gemeteran, gw ngambil tabung reaksi yang udah ada larutan otak2 plus biuretnya dan gw jepit trus gw panasin. gak ada 5 detik kali gw tari tuh tabung diatas kasa yang bawahnya spirtus....

"ËEEH!"
"eh? kenapa bu?"(bengong begok)
"siapa yang ngajarin kamu manasin kayak gitu?"
"hah?"
"itu, masa manasin kayak gitu!"
(masih gak nyambung)
"ibu guruuu, siapa nih yang kelas 1 nya ngajarin ini anak nih, saya mah gak pernah ngajarin dia loooh"
"saya bu dini. siti, kamu minus 2 ya !"
et dah bu rina, memperkeruh suasana.
"kamu emang mo masuk jurusan apa sih?"(pertanyaan yang cukup gak nyambung
"akuntansi bu"
"OOOH PANTESAAAN (mengencangkan volume suaranya sampe sekelas nengok ke arah gw) BU NYOMAAAN, PANTESAN NIH DIA GAK SUKA BIOLOGI, DIA MAU MASUK AKUNTANSI!!!"
shit. kenapa mesti bawa2 akun. bete kan.
satu kelas senyam senyum najis. sial aja deh.
gw yang masih keukeuh kalo cara gw bener, melanjutkan memansakan diatas kasa.
"EEEH!"
"hah?" (apalagi sih)
"kamu itu salah manasinnya. coba kamu2 (nunjuk aya) ajarin temen kamu ini."
akhirnya aya memberikan pencerahan, gw baru mudeng.
hahaha ternyata manasin gak perlu pake kasa. panasin aja diatas apinya.

cobaan gw belum berhenti sampai disitu kawan, larutan yang gw panasin tak kunjung berubah waran.
come oooon. hidup mati gw nih. jadi ijo kek merah kek biru kek yang penting berubah.
mata gw meleng ngliatin orang lain kerja, tiba2 ada bunyi letupan dari tabung reaksi gw
PLETOK
yesss berubah ijo!!
"bu diniiiiiii" (pengen pamer)
"berubah bu warnanya."
"tandanya apa?"
"mengandung protein"
"hmmm" (ngangguk2) "kamu siapa tadi? siti ya?"
"yoi buuu.."
(bu dini ngacir, gw merasa kali ini gw bener2 selamat.)
setelah itu samar2 gw denger bu dini ganti ngecengin anak lain, si wahyu, yang dapet praktek fermentasi, dan kayaknya salah masukin indikator, warnanya jadi ijo2 gak jelas gitu.
"kamu bikin es cincau itu?"
"nggak bu. "wahyu kalem
setelah diperbaiki, warnanya malah semakin aneh. orens2 gimanaaa gitu
"malah jadi kayak es doger"
sekelas cekikikan, gak tega liat wahyu, tapi ujung2nya dia remed. sabar ya way haha..
gw ngelanjutin praktikum ampe selesai alhamdulillah gw gak remet.


di luar dugaan, gw menjadi famous di ipa2 lain gara2 cengan akuntansinya bu dini. makasih bu, saya seneng kok jadi famous xP

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menyapih Empeng Anak

girls

fabulous science 4