kawan, terimalah uang seribu ini...

pagi yang cerah.
seperti biasa, gw memulai hari ini dengan sholat subuh, mandi, berangkat les. gw harus buru-buru kalo nggak mau bokap gw ngamuk gara-gara telat nyampe di kantor. maklum, jarak bintaro-bandara soekarno hatta memang jauh sekali, kawan.
jam setengah 6 gw udah berangkat dari rumah dan menjemput nessa dan ujang, yang juga ikut les.
efek dari berangkat pagi ini adalah, gw nessa ujang nyampe di tempat les sangat awal, jauh lebih awal dibandingkan mas-mas yang jaga tempat lesnya. les dimulai jam 8, sedangkan kami dateng jam setengah 7. bayangkan betapa bosannya menunggu selama itu!

"ckck, kita emang pasukan terawal ye. kalo sampe ada yang dateng lebih pagi dari kita, gw kasih duit deh" entah ada angin apa gw tiba-tiba gw nyeplos kayak gitu.
"bener ya na" ujang menanggapi.
"iye, tapi seribu doang" jawab gw asal-asalan.

mengatasi kebosanan, kami mulai ngobrol ngalur ngidul. ngomongin anak-anak yang lulus UMB, lulus ITB, samapi ngomongin nasib gw dan ujang yang gak lulus beasiswa (hiks!). sampai akhirnya mas2 penjaga gedungnya dateng, membuka kunci, dan menyalakan TV. begitu si mas berjalan ke belakang untuk membereskan sesuatu, gw buru-buru ngambil remote dan mengubah channel TV menjadi indosiar dan dengan anteng nonton Conan bertiga.

~~~~

keesokan harinyaa, semua berjalan seperti biasa.
gw bangun pagi, seperti biasa.
ke tukang roti beliin roti buat gw dan titipan nessa, seperti biasa.
menjemput nessa ujang di halte, seperti biasa.
memacu kendaraan dengan kecepatan 120 km/jam di jalan tol yang lumayan lengang, seperti biasa.
nyampe di tempat les jam setengah 7, seperti biasa.
ada cewek yang duduk manis di tempat kami biasa duduk, ini baru tidak biasa.

"ckck, ada yang mau ngalahin rekor kita ternyata" gw cengengesan.
tapi tunggu, sepertinya gw teringat sesuatu. sebuah perkataan yang secara tidak langsung menjadi sebuah janji.
"aduh. mati gw."
"kenapa sih na?"
"oiya na, kan lo kemaren bilang blablabla..."
"menurut lo gimana ?"
"gimana apanya? ya lo kasih lah. janji adalah utang."
"ya tapi kan tengsin banget"
ujang dan nessa mentertawakan tampang cemas gw.
"lagian lo sih, sok banget pake ngomong gitu segala! "
"gimana dong? "
mereka berdua ngangkat bahu sambil cengengesan. gw jalan di belakang mereka.
kami duduk di sebelah anak itu. ujang dan nessa ngelanjutin ngobrol, sedangkan gw berusaha berpikir keras gimana caranya ngasih duit seribu yang gw janjiin ke siapapun-yang-dateng-lebih-pagi.
terbesit ide untuk menjatuhkan uang seribu itu di belakang dia, lalu pura-pura meneumkannya, dan berkata "eh, uang lo jatuh tuh".
sepertinya ide yang buruk.
"gimana, udah ada ide ?" nessa ngeledek.
"sial lo. bukannya bantuin. "
"yaudah ga usah lo kasih aja. seribu doang kan? "
hmm bener juga sih. kalo ga dikasih mungkin gak apa-apa. duh, tapi ini kan utang gw. gw paling ga tenang kalo punya utang. nanti kebayang mulu lagi.
setelah menguatkan hati, gw bertekad akan memberikan uang seribu itu. gw membuka tas, mengambil uang itu.
ya ampun, uang seribu satu-satunya yang gw punya udah buluk banget. kayaknya kembalian ongkos metromini kemaren nih.
"gw kasih aja deh "
"serius? haha gutlak ya."nessa menepuk-nepuk punggung gw. gw liat dia bisik-bisik ke ujang, sesaat kemudian ujang memasang senyum-minta-disepak.

gw berdiri di depan anak yang lagi duduk itu, si anak mendongak.
"ng..nama lo kemaren siapa ya ?" pembukaan yang ga bagus.
"putri! "jawabnya bersemangat.
"oh ya putri. emmm gini...aduh gimana ya? "
gw menengok ke arah temen-temen gw, memohon bantuan. tapi yang ada mereka malah nundukin muka malu punya temen kayak gw, sekilas gw lihat senyum nahan ketawa mereka. siaaal.
"kenapa ? "
dengan ragu-ragu gw sodorkan uang seribuan buluk gw. "nih ."
putri melongo. "m4KsUd L033?!"mungkin gitu dalam hatinya.
melihat aksi diam melongo putri gw sekali lagi menengok ke arah temen-temen gw yang badannya udah keguncang-guncang hebat nahan ketawa.
"kenapa sih?"
"aduh gimana ya? ng..jadi ginilooh. kami ini kan selalu dateng paling pagi. nah kemaren gw bilang kalo..kalo yang dateng sebelum kita bakal gw kasih duit..."
putri menyimak cerita gw dan menunggu kelanjutannya.
"tapi cuman seribu.."lanjut gw
HAHAHAHAHAHA
tawa nessa dan ujang gak bisa ditahan lagi, terpingkal-pingkal sampe si putri juga ikutan ketawa. sedangkan gw yaa ketawa sih, tapi dikit dan maksa.
"oh gitu ya.. "
"iya lo ngerti kaaan. jadi ini terima ya.."gw menyodorkan sekali lagi.
"nggak usah nggak usah. "
"yah terima doong. walaupun cuman seribu kan lumayan buat naik angkot." gw bersikeras.
"kalo gitu gw balikin lagi ke lo deh"
eh?
"beneran? wah kalo gitu makasih"
mata gw berbinar-binar. bukan hanya karena telah sukses menjalankan janji gw, juga karena gw mendapatkan kembali uang seribu buluk gw dengan halal.
gw kembali ke tempat duduk gw. ketiga anak itu masih tertawa-tawa, gw biarkan saja, yang penting gw udah lega.
"makanya na, ngomong jangan asal! "

hari hari setelah hari itu, putri gak pernah lagi dateng lebih awal dari kami. entah kenapa...

Comments

  1. SUMPAH ODOOOOOOOOOONG BANGET ,hahaha kocak na.
    BTW, aaaaaaah seru bgt sih bertigaan kaya gitu. na, fkm aja na,,,,,,,,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Menyapih Empeng Anak

girls

fabulous science 4