ini tentang guru saya

wuidiih alhamdulillaaaaah :)
setelah beberapa hari internet ngadat, gamau nyala, akhirnya sembuh juga setelah gw protes ke sp**dy dan pihaknya ngirimin 2 teknisi ke rumah gw. heheheheee.
yah, ada beberapa kejadian yang terjadi belakangan ini.

sakit gigi gw udah sembuh alhamdulillah :)
gw diterima seleksi tahap 2 stis, alhamdulillah, tinggal tes kesehatan deh.
pengumuman stan tinggal menghitung hari.

baiklah. sebenernya ada yang mau gw deskripsikan disini.
tentang salah satu guru SMA gw.
salah satu guru favorit gw yang selalu lekat dalam ingatan (ceilaaah haha).
beliau adalah..
Ibu Chasnimar, biasa dipanggil Bu Iim.
maaf ya bu, saya nulis tentang Ibu ga ijin dulu, ga mungkin kan saya ke 68 cuma minta ijin nulis tentang Ibu, hehehe

Beliau adalah guru matematika gw di kelas X. yoi, kelas sepuluh alias kelas satu SMA
kelas yang katanya kelas penyesuaian diri, pengalihan dari sistem belajar SMP ke SMA.
dari yang katanya pelajarannya dasar sampe mulai complicated.
dan ternyata itu memang benar.

pertama kali Beliau masuk ke kelas dan mengenalkan diri sebagai guru matematika, gw terkesan juga, ada guru matematika secantik dan semodis ini (bayangkan, setiap hari warna tas, sepatu dan kerudungnya selalu seragam!)
wajah Beliau juga enak dilihat dan keliahatan berwibawa. yah walaupun mungkin sedikit terlihat jutek (tapi ternyata nggak. ya Bu? hehee).

Bu Iim pinter banget. bahkan gw tanya ke beberapa siswa dari SMA lain, beberapa kenal beliau. katanya, Bu Iim terkenal sebagai guru pintar di DKI.

Beliau juga rajiiiiin bangettttttttttt ngasih PR. dan jumlahnya, ampun, banyak gila.
mulai dari latian 1 sampe mungkin ke latian 15, yang masing2 latian ada 3 sampai 5 soal, bayangkan, kawan.
dan ngerjainnya harus di buku tulis dan pake pensil.
pernah waktu itu ada salah seorang temen gw yang nganggep remeh perintah beliau dan dia ngerjain tugas di buku paket. dan, gw ga nyangka, bu Iim marah banget, marah deh pokoknya.

yang gw salut dari beliau adalah..

metode mengajarnya.
sangat jelas. sangat detail. beliau nerangin ke gw dan temen-temen gw sampe ngerti. dan ajaibnya, walaupun kami bilang ngerti, tapi sebenernya ga ngerti, beliau bisa nangkep hal itu dan ngajarin ulang tanpa diminta. gw rasa beliau memang terlahir buat jadi guru deh. beliau juga suka nyuruh kami buat baca materi semalem sebelum pelajaran. dan juga mengerjakan tugas-tugas yang seabrek sendiri, tanpa bantuan siapapun.

berwibawa.
jarang banget marah. kalaupun di cerita diatas gw bilang beliau lagi marah, tapi ga kayak orang marah. marahnya beliau adalah, menasihati atau menyindir dengan nada datar. dah. cukup. walaupun gitu, semua murid di kelas gw ga ada yang berani sama beliau. semuanya segan. kalo buat gw, beliau adalah guru paling berwibawa di sekolah. bener deh. sampe ada ya, anak yang paling bandel di kelas gw, yang kalo pelajaran lain sering mangkir, begitu pelajara beliau, ga pernah mangkir, malah serius belajar.

sangat mengayomi.
sebelum pelajaran, beliau juga suka ngasih nasihat-nasihat. tentang bagaimana persaingan di luar sana. tentang bagaimana anak-anak SMA unggulan lain yang belajar serius melampaui kami. tentang bagaimana kami bisa masuk PTN favorit kalo ngerjain PR aja masih dipaksa. wuiih. kalo buat gw, nasihat-nasihat macam itu memompa banget!


bersemangat.
mengapa? karenaaaaa hehe, ini sebenernya lucu juga sih. bu Iim tuh sering lupa waktu kalo ngajar. waktu itu pernah ada satu hari yang jam pelajaran matematika itu 3 jam sendiri dan diakhiri istirahat. nah, waktu itu jam nya udah abis dan bel istirahat udah bunyi daritadi, bu Iim masih asiiiik aja ngajar, entah deh, beliau denger bel atau nggak. nah, kami ga ada yang berani menghentikan penjelasan beliau, beraninya cuman nyeletuk-nyeletuk mancing kayak ...
"ehem laper"
"ehem udah bel"
"woi lo laper gak?"
dengan suara yang agak digede-gedein. maksutnya sih, biar beliau nyadar gitu anak-anaknya udah pada lemes. hihihi.
beliau juga yang sering menginisiatifkan adanya kelas tambahan.

begitulah.
seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya gw ngerti maksut dari PR banyak, soal ulangan susah (soal ulangan Bu IIm terkenal paling susah diantara guru matematika lainnya), dan baca pelajaran sebelum masuk kelas. gw jadi ngerti matematika. ngerti bangett, karena memang Bu Iim nagajarin selalu dari konsep paling dasar. gw seneng, pasti dong.

lama kelamaan timbul rasa sayang gw ke beliau. gw jadi ga pengen ngecewain beliau. gw jadi pengen liat beliau tersenyum karena nilai-nilai ulangan anak-anak kelas kami bagus-bagus.
akhirnya gw belajar bener- bener.
untuk setiap ulangan, gw usahain ga remedial.
namanya juga usaha, pasti ga langsung berhasil. awalnya, gw memang terseok-seok, tapi lama kelamaan, gw berhasil memperkecil jumlah remedial ,sampe beberapa kali waktu itu, gw dapet nilai tertinggi di kelas dan beliau menyebutkan nama gw sambil tersenyum. wuiiih, bangganyaaa....

gw jadi suka matematika karena beliau.
nilai matematika gw di rapot mencapai angka 9 juga karena bimbingan beliau.
pokoknya Bu Iim guru matematika terbaik buat gw sepanjang belajar di 68 :)


Terima kasih, bu, atas bimbingannya. saya merasa sangat beruntung pernah menjadi salah satu orang yang menimba ilmu dari Ibu. saya berharap akan banyak lagi guru-guru yang berdedikasi tinggi seperti Ibu, yang sangat peduli dengan kualitas anak didiknya.

:)


Terima kasih juga untuk semua guru-guru yang udah ngajarin saya selama di 68. maaf ga bisa disebutin satu persatu. hehe.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menyapih Empeng Anak

girls

fabulous science 4