untung gak ambruk!

gw baru menyadari kalo semangat ama nervous itu bedanya tipis banget. kemaren malem, gw sangat excited untuk menjalani usm stan hari ini. gw merasa persiapan gw sudah cukup matang dan gw berharap ujian besok bisaa berjalan lancar. alhasil gw tidurlah sekitar jam 8an, dan menyetel alarm sekitar jam setengah 2, mau tahajjud sekalian baca-baca dikit.

tepat! sebelum alarm gw bunyi Allah udah bangunin gw duluan, lewat cara yang sangat ampuh bikin siapapun cepet bangun tidur. kebelet kencing! ngacirlah gw ke toilet, abis itu solat, trus belajar. di tengah-tengah aktivitas belajar, gw baru sadar kalo pengumuman stis itu tanggal 20 juni, yeah, hari ini.

sial, gw jadi penasaran banget pingin liat hasilnya, padahal gw bertekad buat liat hasilnya setelah gw selesai membaca buku yang sedang gw baca. tapi pertahanan gw jebol juga. gw mengendap-endap ke kamar adek gw (berhubung komputer cuman ada disana) menyalakan komputer..nyalain modem..buka firefox..buka situs stis..dan zzz banget! ternyata pengumumannya ga kayak pengumuman simak atau yang lain lain, yang lazimnya tinggal masukin nomor, trus keluar deh "selamat"atau "maaf", nah ini, yang keluar cuma nomor2 peserta ujian yang lulus.hhhh.

kepala gw mulai cenut-cenut.
312168.

gw telusurin dengan sabar (itu nomornya banyak banget ya tolong! ada kali 500an!) sampe diangka 300..pelan-pelan..pelan-pelan...yak ADA! gw masih belum percaya, gw yakinin lagi penglihatan gw, dan beneran ada.
alhamdulillah.

senyum-senyum sendiri gw membayangkan gimana tampang nyokap gw nanti, yang sangat mendambakan anaknya masuk sekolah kedinasan. dan sekarang gw tembus usm 1 stis, selangkah lebih maju!
btw, kenapa usm 1, karena masih ada usm 2 -___- psikotes sama wawancara. (denger kata wawancara jadi inget sesuatu yang bikin sedih. sudahlah!)

okelah. gw berencana untuk mematikan komputer gw, tapi gw tergoda oleh facebook yang memanggil-manggil, si blogger juga ikutan lagi. damn! mulailah aktivitas-merusak-mata gw jalankan sampe mata gw kriyep-kriyep ga karuan.
jam setengah empat. kepala makin cenut-cenut.
menyadari bahwa sudah hampir pagi, dengan berat hati gw meninggalkan aktivitas-menambah-minus-mata dan menuju ke tempat tidur.

baring kanan, baring kiri.
kok gw ga bisa tidur ya?
baring kanan, baring kiri.
di kepala gw malah terlintas beberapa kata antonim sinonim analogi blablabla

jam 4 pas!
gw mulai panik. gila, gw harus tidur nih kalo mau bener2 fresh pas ngerjain ujian. harus tidur. harus tidur. Allah, ijinin saya tidur barang setengah jeeem aja.
setengah 5 kurang 15
gw pasrah, mau nangis rasanya. ga bisa tidur. kepala rasanya penuh banget. gw coba-coba sok rajin buka buku lagi dan ternyata gw malah semakin mau muntah. akhirnya gw putuskan buat turun ke bawah, ngadu ke nyokap.
baru mau ngomong kalo ga bisa tidur, langsung ditanyain "gimana? udah liat?"
ngangguk.
"trus?"
"diterima."
senyum mengembang, meluk-meluk. tuh bener kan, nyokap gw pasti girang banget dah!
gw senyum-dipaksain. bukannya ga seneng, seneng lah gila, ngalahin 16500 pesaing gw seluruh indonesia! masa ga seneng?
masalahnya adalah, kepala gw ini, mau meletus rasanya.
gak tahan, akhirnya keluar juga aduan dari mulut gw
"bu, aku dari setengah 2 ga tidur nih"
"hah? nagapain sih? tidur dulu sana. nanti kalo ga bisa ngerjain gimana?"
"ga bisa tiduuuur. tadi udah nyoba."
"coba lagiiiiii."
gw mengiyakan dan naik lagi ke kamar gw, 10 menit kemudian gw turun lagi.
"ga bisa. " langsung gw jawab sebelum nyokap sempet nanya.

gw membuat susu dicampur wedang jahe. katanya susu bisa bikin ngantuk, bener ga sih?

jam 6. cepet banget dah. gw mandi dan langsung berangkat. cenut-cenut di kepala gw masih membayang, pertamanya gw ke rumah mbah gw dulu, minta doa restu supaya lancar ujiannya. gw dikasih wejangan nasehat. iya iya. lanjut.

perjalanan dari rumah mbah gw ke tempat ujian ternyata jauh juga, gw sempetin tidur, begitu bangun, ngantuknya ilang, cenutnya masih.
pas gw dateng, ruang ujiannya belom dibuka. gw duduk-duduk aja di depan ruangan.
ada yang aneh dengan perut gw, kepala gw, teggorokan gw juga.
ada rasa kepengen muntah. gw langsung keinget sama ceritanya kak vero (kk yang ngajar bimbel gw) waktu itu ada anak yang ga lulus gara-gara kebanyakan ngerjain soal dan muntah pas ujian dia muntah.

serem abis. gimana kalo nanti gw kayak gitu?
kepala cenut-cenut lagi

kakak yang ngawas ujian mempersilakan masuk. gw langsung cari nomor dimana gw duduk. dan ternyata..sial, sangat sial saya saudara2, saya duduk pas dibawah semilirnya ac yang bergoyang (apaan sih)
itu ac pas banget di tengkuk gw! bisa anda bayangkan bagaimana kondisi seorang anak yang kepalanya cenut-cenut pengen muntah tapi dengan sialnya dapet tempat duduk di tempat yang dinginnya ampun-ampun!
speechless.
gw mencoba sms bokap gw dan nanya kalo2 bawa jaket. ternyata bokap gw ga bawa.
haduuuh~~
tinggalah gw, meringkel sendirian, mencoba memanjangkan lengan baju yang tentunya ga bakal panjang-panjang, sementara peserta ujian yang lain dengan gagahnya duduk tegap menantang soal.
tapi,
gw gamau berhenti sampe disini lah, gila! masa perjuangan gw bolak-balik bintaro-jakarta buat les, pengorbanan bokap gw yang rela macet-macetan demi nganterin gw, kuliah gratis kalo gw masuk stan-amin! terkalahkan oleh AC laknat dan badan ringkih ini?
ga lah. ga bakal. ga mau. jangan sampe. ini mimpi nyokap gw. mimpi bokap gw. mimpi gw juga. buat kuliah gratis di sekolah kedinasan yang langsung kerja, bonafid pula! kapan lagi?
saat itu juga gw berdoa, khusyuk banget (semoga), Ya Allah, jangan sampe ambruk, setidaknya sampe ujian ini selesai.
amin.


naskah ujian dibagikan. begitu sampe di meja gw, si kakak2 kayaknya prihatin ngeliat gw meringkel gitu, tapi apa daya, si kakak hanya melempar tatap kasihan-cuih.
uwwwiiiiiiiiuuuuuuuw...
bunyi sirine tanda ujian dimulai. seperti biasa, gw memulai mengerjakan soal dari bagian bahasa inggris. mengalokasikan waktu setengah jam buat ngerjain soal structure sekitar 50 soal, -yang readingnya entar ajah- , biasanya sih cara ini ampuh buat ngumpulin poin di bahasa inggris.
berhasil. selesai dalam jangka waktu kurang dari setengah jam, dan langsung membuka reading, dapet berapa soal, lalu karena setengah jam gw abis, gw beralih ke tpa.
kosakata? zzz
sinonim?zzz
antonim? zzz
analogi? lumayaaaan
mtk?---
terbuktilah kecepatan berpikir gw yang sangat lambat saat mengerjakan soal mtk. angkanya itu loh BuSeDh DaGh, njelimet banget. desimelnya ga kira-kira panjangnya, pake dibagi desimal juga lagi! hah.
gw ngabisin 1 jam lebih sendiri cuman buat ngerjain tpa mtk sadis itu, sampe2 gw tersadar, waktu gw tinggal 40 menitan lagi, sedangkan bahasa indonesia, logika posisis, deret angka dan huruf belum gw sentuh sama sekali.
kebiasaan buruk gw kambuh. panik.
cepet-cepet gw selesain mtknya, gw bergegas menuju soal deret yang lumayan dulu, dapet banyak, beralih ke b. indo, dapet lumayan.

"yak, waktunya 15 menit lagi"

keringat bercucuran. tinggal logika posisi yang belum gw sentuh. satu-satunya materi yang sangat gw benci karena membutuhkan penalaran tingkat tinggi! tapi gw coba selesaikan, ternyata buntu. gw tinggalin deh tuh, ada kali 8-10 soal gw kosongin. gila, kalo dipikir-pikir sayang juga...

"5 menit lagi ya"

masih ada waktu. gw mencoba balik ke bahasa inggris, menyelesaikan reading yang belum selesai. waktu habis. gw pasrah dengan apa yang udah gw kerjakan.
iya gw tau kok banyak yang kosong, yang gw nekat nembak aja ada. apa boleh buat. this is all i can do.
satu yang baru gw sadari. kenapa daritadi gw ga ngerasa dingin? padahal AC laknat yang berhembus riag diatas gw ga berubah derajatnya.
mungkin ini pertolongan Allah yang membuat gw berkonsentrasi dengan sebegitu penuhnya sampai gw ga ngerasain dingin.
yeah. Allah memang baik banget..

gw gajadi ambruk setelah selesai ujian gw dicekokin sate ayam depan RSPP sama nyokap gw...

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menyapih Empeng Anak

girls

fabulous science 4