Cemburu

Moms, gimana reaksi kalian kalo anak kalian ngomong kayak gini,

"Sama mbak..sama mbak"
"Minum susu di kamar mbak"
...atau..
"Sama mbak ajah..sama mbak ajah.." sambil geret-geret tangan mbaknya, ibunya dicuekin.

Kalau saya sih, sedih banget nget ngeeeet.
Merasa diacuhkan, gak dianggap, gak berguna, emm.. apalagi yah. Pokoknya merasa hancur banget deh (LEBAY BANGET NA)
Tapi emang iya, hiks..

Kejadiannya beberapa hari yang lalu. For the very first time, Kahfi gak mao tidur sama saya di kamar. Malah dia panggil-panggil mbaknya. Biasanya sebelum tidur dia minum susu dulu sama saya di kamar, trus kami cerita-cerita, nyanyi-nyanyi, ngaji, atau baca buku sampai dia bener-bener ngantuk dan tertidur. Tapi waktu itu, dia malah narik-narik tangan mbaknya masuk ke kamar saya dan minta ditemenin mbaknya. Saya? Dicuekin aja tuh.. hiks hiks.

Ini kejadian pertama kali, jadi saya cukup shock. Walaupun pada akhirnya tidurnya sih tetep sama saya juga, tapi harus dibujuk-bujuk dulu :( Mungkin kayak gini rasanya cemburu sama pengasuh ya.. Hehe.

Perasaan kayak gini sebenernya udah saya antisipasi sejak lama. Soalnya di grup emak-emak, ada juga yang curhat gitu. Gak cuma sama pengasuh sih.. ada juga yang sama kakek neneknya. Tapi tetep aja, si ibu jadi "nomor 2". Padahal Ibu kan pengennya selalu jadi nomor 1 di hati anak-anaknya. Hehehe.
*duh jadi inget ibuk :")

Memang begitulah risiko Ibu bekerja. Ketika kita menitipkan anak kita ke orang lain selama hampir 12 jam, waktu anak kita akan habis bersama dengan orang lain. Ketika anak kita merasa nyaman dan cocok dengan orang yang mengasuhnya, pasti akan ada keterikatan perasaan di antara anak kita dan pengasuhnya, entah yang mengasuh adalah ART atau orang tua/mertua kita.

Seharusnya saya bersyukur, disaat di luar sana banyak ibu-ibu yang khawatir akan kelakuan ART nya dalam mengasuh anaknya, saya justru mendapatkan ART yang baik. ART saya mengasuh anak saya seperti anaknya sendiri. Bahkan kemampuan verbal Kahfi saat ini sedikit banyak juga lancar karena bantuan mbak ART saya. Jadi sudah seharusnya saya berterima kasih kepada dia dan justru bukan merasa tersaingi. Disini saya merasa masih childish banget :')

Apalagi kalau inget pesen Pak Suami. Suami saya selalu bilang, kalau saya mengeluh tentang si mbak ART, "Kita harusnya bersyukur dapet ART kayak si mbak, orangnya baik. Susah dapat orang kayak dia. Apalagi dia mau berkorban  ninggalin anaknya di kampung buat cari nafkah. Makanya dia baik banget sama Kahfi, buat pengganti anaknya kali say"
Huhu. Jleb jleb banget. Kayaknya memang saya yang harus mengelola perasaan lebih baik lagi. Bersikap lebih dewasa lagi.
Lagipula kalau saya perhatikan, setiap hari Senin, Kahfi selalu lengket sama saya, sampe gak mau sama sekali sama mbaknya, karena Sabtu-Minggu full sama saya. Kalau gak mau sama sekali lepas dari saya, jadinya agak sulit juga buat berangkat kerja, hehehe.


INTINYA, ehehe,
ketulusan kita lah yang akan membekas di hati anak. Saya kok percaya ya sama yang gini-gini..hehe. Ketika kita tulus pamitan mau kerja untuk bantu cari nafkah suami, anak dengan senang hati melepas. Begitu juga ketika kita dengan tulus dan senang hati menemani mereka bermain walaupun badan udah ngantuk dan capek, anak kita akan sangat mengapresiasi. Intinya kita berusaha sebaik mungkin menjadi sebenar-benarnya orang tua untuk mereka. Duh kan jadi mellow. Eaa.

Memang tidak selamanya kualitas bisa menggantikan kuantitas. Tapi, selama kita 'hanya' memiliki kesempatan untuk memaksimalkan 'kualitas' saat ini, kenapa nggak dimaksimalkan? *tsaah
Semoga nanti Allah kasih jalan supaya bisa memaksimalkan keduanya. Aamiin..






Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menyapih Empeng Anak

girls

fabulous science 4