Pengalaman Menyapih Empeng Anak

Assalamu'alaikum. Halo Ibu-Ibu.. adakah yang mengalami keadaaan yang sama seperti saya? Hehehe. Anak saya ngempeng dan susaaaaahh banget buat nyapihnya. Sampai sekarang usianya hampir 3 tahun, baru saya berhasil menyapih empeng dia dengan penuh perjuangan dan derai air mata wkwkwk. Kali ini saya mau berbagi pengalaman menyapih empeng, siapa tau di luar sana ada ibu-ibu lain yang punya pengalaman yang sama dengan saya, mudah-mudahan bermanfaat ya buk :)

image from : google


Saya cerita dulu awal mula saya memberikan empeng ke anak saya. Dulu, waktu masih awal-awal diterima kerja sebagai pegawai negeri, banyaaak banget diklat yang harus saya ikuti. Salah satunya diklat dasar yang diharuskan untuk menginap di asrama selama seminggu. Waktu itu keadaan tidak memungkinkan bagi saya untuk membawa anak saya menginap di asrama, karena jadwal diklat yang padat dan juga nggak ada yang bisa bantu jaga anak saya disana (ART saya pulang-pergi). Akhirnya saya meninggalkan anak saya di rumah. Saat itu kondisinya anak saya masih usia 4 bulan, masih ASI dan kalau malam itu selalu nempel ke saya.

Malam pertama saya menginap, saya dikabari oleh suami kalau anak saya rewel banget, nangis terus dan nggak mau tidur sama sekali. Dikasih susu sudah, digendong-gendong sudah, tapi teteepp aja nggak bisa tidur dan menangis terus. Suami menawarkan ke saya, mau nggak dikasih empeng anaknya, dicoba dulu siapa tau bisa anteng. Awalnya saya menolak, karena dulu baca-baca katanya nggak bagus memberikan empeng ke anak. Tapi kemudian saya mikir, kondisi seperti ini kasihan juga dia kalau nggak bisa tidur. Pun kasian juga suami dan mertua saya, mereka juga bisa nggak tidur semalaman jagain anak saya. Akhirnya saya iyakan dan voila! ternyata anak saya langsung anteng dan langsung tidur. Oalah.. ternyata dia butuh sesuatu yang mirip puting ibunya supaya dia nyaman, karena memang biasanya kalau malam dia selalu nempel dengan saya.

Sejak saat itu anak saya menggunakan empeng dan terus berlanjut sampai dia berusia diatas satu tahun. Banyak yang menyarankan agar segera disapih empengnya. Saya sama suami awalnya santai-santai saja, karena kami mikirnya nanti juga akan lepas dengan sendirinya. Ternyata buk, makin besar makin susahhh lho nyapihnya. Bener-bener deh. Anak saya jadi ketergantungan dengan empengnya. Kalau mau tidur, kalau lagi iseng, atau kalau lagi merasa kurang nyaman, pasti dia selalu cari empengnya #tepokjidat

Target saya sebelum 2 tahun dia sudah lepas empeng.. ternyata nggak bisa buk, akhrinya target saya mundurkan lagi. Sebelum 3 tahun dia harus lepas empeng. 3 tahun artinya tahun 2017 ini dia harus benar-benar lepas empeng.

Percobaan pertama, saat itu empeng sengaja saya sembunyikan. Saat dia mau tidur siang seperti biasa dia nanya "empeng mana bu?". Saya bilang "Kahfi udah besar nak.. nggak ngempeng lagi ya."
Dia terus merengek ke saya sampai akhirnya nagis kejeeerrr selama hampir satu jam, sambil meluk-meluk saya, mohon-mohon minta empengnya. Ya Allah bener-bener nggak tega yah huhuhu..sedih banget liat anak saya kayak gitu. Akhirnya saya nyerah, saya kasih empengnya dan dia langsung tidur pulas. Mungkin karena capek nangis juga ya..

Percobaan kedua, saat itu Kahfi sendiri yang gigit-gigit empeng dia sampai hancur. Saya mikir mungkin ini saatnya kali ya. Mumpung empengnya dia juga dia rusak sendiri gitu. Akhirnya kami mulai lah percobaan menyapih yang kedua. Kejadiannya sama persis dengan yang pertama. Nangis kejer sampai satu jam. Tapi belajar dari pengalaman yang pertama, saya harus tega dan tebel kuping buat dengerin tangisan dia, demi kebaikan dia juga. Akhirnya saya tahan-tahan, saya sabar-sabarin sampai akhirnya dia capek sendiri dan tidur. Pas tidur juga dia nggak bisa tenang, selalu kebangun tengah malam atau pas tidur siang, nangis lagi sejam-capek-tidur lagi. Sebenernya saya kasihan banget liat anak saya. Saat itu kondisinya dia lagi sakit batuk-batuk yang belum sembuh-sembuh, ditambah jadi susah makan karena nangis terus, jadi makin lama sembuh sakitnya. Udah 5 hari berlangsung proses penyapihan, dan dia masih belum bisa lupa atau berhenti nangis. Saya yakin dia capek, kelihatan banget juga dari matanya dia sedih dan badannya juga nggak seger. Ditambah saat itu saya juga alhamdulillah sedang hamil muda anak kedua, saya jadi agak stress plus capek juga...hiks..perjuangan banget masyaAllah.

Dalam hati saya mikir, ini udah bener belum ya cara saya begini, apakah ini memang bener waktu yang tepat buat anak saya? Tapi udah nanggung bener lho udah 5 hari, sayang banget kalau saya tunda lagi proses sapihnya. Sampai suami saya akhirnya bilang ke saya, dia menyarankan untuk ditunda aja proses sapihnya, kondisi Kahfi lagi nggak fit takutnya dia nggak sembuh-sembuh, plus dia juga kasihan liat kondisi saya. Nanti bisa cari lagi saat yang tepat. Nggak usah dengerin omongan orang, kita sendiri yang ngerti kondisi anak kita. Tapi suami saya menyerahkan keputusannya ke saya. Dalam hati saya sebenernya setuju dengan saran suami saya.. yah.. akhirnya saya putuskan untuk menunda lagi proses penyapihan empeng Kahfi.. yang entah akan dilanjut lagi kapan. Hahaha. Yah sudahlah nak.. mudah-mudahan nanti ada waktunya saat kamu siap. Setelah dikasih empeng lagi alhamdulillah kondisi anak saya membaik, batuknya mulai sembuh dan makannya mulai banyak. Badannya jadi seger lagi. Seneng banget liat dia ceria lagi :)

Saat saya udah nggak lagi memikirkan tentang empeng dia, eh masyaAllah, beberapa hari terakhir ini dia menyapih dirinya sendiri lho. Tiba-tiba aja dia nggak tidur pakai empeng, nggak nangis-nangis minta empeng juga. Ajaib banget :") Nanyain sih sekali-sekali, tapi bisa dialihkan perhatiannya tanpa pakai drama lagi. Entah sebabnya apa, saya juga nggak tau. Saya cuma mengira mungkin ini saatnya.
Sampai saat saya menulis ini, sudah hampir seminggu anak saya nggak pakai empeng lagi. Kali ini tanpa drama, tanpa stress, tanpa tangisan menyedihkan lagi. Mudah-mudahan bener-bener bisa lepas sama sekali ya nak :)

Nah buibuk sebenernya menurut saya penggunaan empeng bukannya sama sekali tanpa manfaat. Saya merasa sangat terbantu dengan empeng saat dulu masih dibawah setahun, karena saya jadi bisa istirahat kalau malam. Anak saya hanya minta menyusu ketika dia benar-benar haus, bukan hanya sekadar ingin ngempeng ke puting. Sebelum pakai empeng, semalaman anak saya nempel ke saya, sehingga saya agak sulit tidur nyenyak, padahal esok paginya saya harus berangkat kerja.

Meskipun begitu, penggunaan empeng emang banyak efek buruknya. Anak saya jadi ketergantungan, sempat bingung puting, bentuk gigi serinya agak kurang bagus, dan jadi bahan ledekan tetangga. Yang terakhir bikin saya sedih, sampai-sampai anak saya sama sekali nggak mau keluar rumah saat itu karena diledek pakai empeng terus. Mungkin karena udah ngerti diledek kali ya, jadi dia malu gitu..

Kalau memang mau menggunakan empeng, sebaiknya segera disapih sebelum usia setahun. Karena kalau semakin besar, semakin sulit menyapihnya. Walaupun begitu, ibuk-ibuk kalian lah yang paling paham kondisi anak kalian ya. Cermati baik-baik anak kita, cari saat yang paling tepat untuk menyapih kalau memang sudah terlanjur memberi empeng sampai besar. Anak kita semakin besar semakin peka.

Jadi, mungkin itu buk ibuk yang bisa saya share untuk kali ini, semoga bermanfaat untuk buk ibuk yang punya kondisi sama dengan saya. Hehe.

Comments

Popular posts from this blog

girls

fabulous science 4